ARTIKEL-ARTIKEL OTOMOTIF
Senin, 26 November
2012
TROUBLESHOOTING MEGAPRO Kopling yang tidak
bekerja dengan baik biasanya dapat diperbaiki dengan menyetel jarak main bebas
kopling. Handel kopling terlalu berat • Kabel kopling rusak, tertekuk atau
kotor • Peralatan pengungkit kopling rusak • Bantalan plat pengungkit kopling
rusak Kopling slip pada saat akselerasi • Tidak ada jarak main bebas handel
kopling • Kanvas-kanvas kopling aus • Pegas-pegas kopling lemah • Pengungkit
kopling tertahan Kopling tidak mau terlepas atau kendaraan merayap dengan
kopling dalam keadaan tertarik • Terlalu banyak jarak main bebas handel kopling
• Plat kopling bengkok • Pengungkit kopling rusak • Permukaan oli terlalu
tinggi atau viskositas oli tidak tepat Kerja kopling terasa kasar • Alur-alur
bagian luar kopling (clutch outer) kasar Pengoperasian gigi sulit/keras •
Penyetelan kopling tidak benar • Poros spindle pemindah gigi transmisi bengkok
• Bubungan pemindah gigi transmisi rusak • Plat pemindah gigi transmisi rusak
atau bengkok Transmisi meloncat keluar dari gigi yang dipilih • Pegas pembalik
lengan stopper rusak atau aus • Lengan stopper rusak • Bubungan pemindah gigi
transmisi rusak atau aus Pedal pemindah gigi transmisi tidak mau kembali •
Pegas pembalik poros spindle pegas pembalik pemindah gigi transmisi rusak atau
aus • Poros spindle pemindah gigi transmisi bengkok Suara mesin berlebihan •
Bantalan kepala besar batang penggerak aus • Bantalan poros engkol aus •
Bantalan transmisi aus Transmisi melompat keluar dari gigi yang dipilih •
Garpu-garpu pemindah gigi aus atau bengkok • Poros garpu pemindah gigi bengkok
• Alur-alur tromol pemindah gigi aus atau rusak • Lengan stopper pemindah gigi
rusak • Pegas lengan stopper tromol rusak • Pegas pembalik poros pemindah gigi
rusak. Gigi sukar dipindahkan • Penyetelan kopling tidak benar • Viskositas oli
mesin tidak benar • Garpu pemindah gigi bengkok • Poros garpu pemindah gigi
bengkok • Cakar garpu pemindah gigi bengkok • Alur-alur tromol pemindah gigi
rusak • Poros spindle pemindah gigi bengkok Kemudi terasa berat • Mur
penyetelan bantalan kepala kemudi terlalu kencang • Bantalan kepala kemudi aus
atau rusak • Poros kemudi bengkok • Tekanan udara ban terlalu rendah Kemudi
tertarik ke satu arah atau tidak bisa lurus • Bantalan-bantalan kepala kemudi
longgar atau rusak • Garpu-garpu depan bengkok • Poros depan bengkok • Roda
tidak dipasang dengan benar • Rangka bengkok • Bantalan roda aus atau rusak •
Bos-bos engsel lengan ayun aus atau rusak Roda depan goyang • Pelek bengkok •
Bantalan roda depan aus atau rusak • Ban depan tidak dalam keadaan baik •
Jari-jari longgar atau patah • Roda dan ban depan tidak seimbang Roda depan
berputar tidak lancar • Bantalan roda depan rusak • Poros roda depan bengkok •
Rem depan menyangkut Suspensi terlalu empuk • Jumlah minyak di dalam garpu
tidak cukup • Pegas garpu lemah • Viskositas minyak garpu depan tidak benar •
Tekanan udara ban terlalu rendah Suspensi terlalu keras • Pipa garpu bengkok •
Terlalu banyak minyak dalam garpu • Viskositas minyak garpu tidak benar •
Saluran minyak di dalam garpu tersumbat Suspensi depan berisik • Bos selongsong
garpu depan rusak • Minyak di dalam garpu tidak cukup • Pengencang garpu dalam
keadaan longgar • Gemuk di dalam gir speedometer tidak cukup Suspensi terlalu empuk
• Pegas sokbreker lemah • Kebocoran oli dari peredam kejut Suspensi terlalu
keras • Bos engsel lengan ayun rusak • Tangkai peredam kejut sokbreker bengkok
• Bos-bos engsel lengan ayun kurang dilumasi Roda belakang bergoyang • Pelek
bengkok • Bantalan roda belakang aus atau rusak • Ban dalam keadaan tidak baik
• Bos engsel lengan ayun aus atau rusak • Penyetel rantai roda tidak disetel
dengan seimbang Roda berputar tidak lancar • Penyetelan rem tidak benar •
Bantalan roda belakang rusak • Rantai roda terlalu kencang Suspensi
mengeluarkan suara • Pengencang-pengencang suspensi belakang longgar • Bos
engsel suspensi belakang aus Daya pengereman lemah • Penyetelan rem kurang
tepat • Kanvas rem aus • Bubungan rem aus • Pemasangan kanvas rem tidak benar •
Sepatu rem dan tromol dalam keadaan kotor • Sepatu rem dalam keadaan aus pada
bidang kontak dengan bubungan Rem menderit • Kanvas rem dalam keadaan aus •
Tromol rem dalam keadaan aus • Kanvas rem kotor • Tromol rem kotor
0 komentar:
Posting Komentar